Menyongsong Masa Depan Digital bersama CBN

2 Nov 2017

Apakah kalian termasuk pengabdi internet cepat seperti gue juga?

Sebagai Kdramalover tingkat akut yang mana kegiatan sehari-harinya streaming drama agar supaya hidupnya selalu update dan baper untuk urusan drama Korea terbaru, internet cepat tanpa buffering merupakan sebuah  kenikmatan yang hakiki. Seriusan.

Tapi sesungguhnya sih bukan hanya itu saja.

Dunia digital sudah tak bisa terlepas dari rutinitas kita sehari-hari. Bahkan harus diakui bahwa saat ini kita lebih sering mengkonsumsi berita via timeline. Segala macam jenis transaksi pembayaran pun lebih mudah dilakukan via online demi efisiensi. Setiap kali berniat untuk mengunjungi suatu tempat tertentu, pastilah kita harus browsing terlebih dahulu. Agar lebih percaya diri dan gak planga-plongo ketika sesampainya disana. Hayoh ngaku kalian semua!

CBN dengan tagline-nya yaitu Embracing the Future sangat memahami kebutuhan masyarakat zaman now yang digitalize banget. Salah satu langkah yang diambil adalah dengan cara meningkatkan kapasitasnya dari Internet Service Provider menjadi Digital Service Provider.

Kebetulan gue berkesempatan untuk hadir di acara keren CBN Digital Nation yang bertempat di Paskal 23 pada tanggal 28 Oktober 2017 sehingga sempat merasakan sendiri sensasi internet cepat ala CBN. Saat itu gue coba untuk menonton salah satu teaser drama favorite gue yaitu Because It’s My First Life di youtube. Dan ternyata menonton drama dengan kecepatan 1 gigabyte per-second tanpa buffering sama sekali itu sungguh mantap sekali. Bapernya lebih lancar dan menghujam ke relung hati hahaha.

Apabila ada yang penasaran dan bertanya-tanya mengapakah gerangan CBN ini internetnya kok greget dan mantap banget kecepatannya, karena CBN Fiber menggunakan teknologi fiber optic yang 300x lebih cepat dari rata-rata penggunaan internet. 1 GBPS geto lho!

Bandung beruntung sekali terpilih sebagai tuan rumah kegiatan pertama CBN Digital Nation, karena Bandung dianggap telah sukses menerapkan smart city dalam pengelolaan kota. Menurut Dedy Handoko, Chief Broadband Officer CBN, “Di sini kami turut berperan menyediakan infrastruktur seperti akses internet super cepat, cloud services serta solusi lain yang bisa mendukung kemajuan kota Bandung dalam mengaplikasikan smart city. Kami memiliki target 150 ribu homepass.”

Acaranya lumayan meriah dan bertabur hadiah. Para blogger, netizen, gamer, influencer dan vlogger numplek dan berkumpul menjadi satu di CBN Digital Nation. Dimana-mana terlihat antrian para gamer yang penuh semangat dan tak sabar untuk menjelajahi berbagai booth. Saat itu NVIDIA Gamers Event sepertinya mengadakan pertarungan antar gamers DOTA dan CSGO. Gue sih sebetulnya gak terlalu paham tentang game, tapi jadi ikut terbawa semangat melihat antusias mereka.

Hal lain yang bikin acaranya makin seru dan greget adalah pada saat itu banyak sekali penggemar anime yang ikutan nongkrong karena turut serta dalam Costreet Competition yang diadakan oleh CBN. Dandanan dan kostum mereka total sekali sehingga membuat gue terkesima.

Selain itu, di CBN Digital Nation gue juga diperkenalkan dengan Dens.TV yang merupakan one stop digital entertainment IPTV interaktif yang dapat diakses melalui www.dens.tv atau boleh juga sih langsung unduh aja di playstore buat mobile application android & IOS disini :https://play.google.com/store/apps/details?id=tv.dens.mobileapp

Kalo udah punya aplikasi ini di smartphone, hidup lo dijamin bakal lebih nyaman deh. Gak bakalan ada lagi  tuh kejadian ketinggalan nonton acara tertentu soalnya Dens.TV ini banyak banget fiturnya.

Fitur-fitur  di Dens.TV memang mengutamakan kenyamanan dan personalisasi pengguna, seperti sign up & login dengan menggunakan akun media social, reminder untuk jadwal tayang TV favorite, menu my favorite chanel dan myvideo playlist.

Bahkan kita bisa menonton video secara online juga lho. Pelanggan bisa mengunduh video favorite, sehingga bisa menonton kapan saja tanpa tersambung dengan koneksi internet.  Asyik banget kan yah!

E-commerce merupakan fitur terbaru di Dens.TV dimana pelanggan dapat merasakan sensasi berbelanja sambil menonton TV tanpa harus berpindah tempat atau berpindah channel. Saat ini Den.TV bekerjasama dengan beragam produk dan marketplace lho. Wah, harus siap-siap nih! *elus-elus ATM*

Saat ini Dens.TV juga menghadirkan berbagai konten unggulan yang menggiurkan seperti :

High Definition TV Premium : TV channel terbaik dengan kualitas High Definition (HD) mulai dari dalam & luar negeri . Baik untuk tayang anak, general entertainment, movie, documentary, sports hingga ke music & lifestyle.

E-Classroom : Tayangan berbagai video e-learning yang dikemas dengan animasi menarik sehingga bisa mendukung  proses belajar anak dengan cara menyenangkan. Saat ini e-classroom memiliki video interaktif untuk murid sekolah dasar, bekerjasama  dengan skoline.

Blockbuster Video on Demand ; lebih dari 600 judul film blockbuster dan serial TV dengan berbagai genre yang bisa langsung diakses tanpa harus menunggu jadwal tayang. Manteb!

Ayok segera melipir ke playstore dan download sekarang juga!

 

Menyongsong Masa Depan Digital dengan Menjadi Content Creator 

Gue sendiri merasa sangat beruntung karena masih diberikan kemampuan untuk beradaptasi dengan baik di generasi digital ini. Dengan adanya internet semua kesempatan dan peluang terbuka lebar di depan mata. Kita tinggal mengolahnya dengan baik sehingga dapat menjadi sesuatu yang produktif. Sudah saatnya kita berhenti hanya menjadi pengguna, tapi naik tingkat dan mulai menjadi content creator.

Tapi sayang sekali terkadang kebanyakan dari kita mikirnya suka kejauhan yang mana pada akhirnya malah bikin ciut duluan. Ujung-ujungnya jadi kebanyakan bikin alasan deh :

Apalah gue mah cuma sekedar ibu rumah tangga biasa, gak bisa bikin content apa pun yang menarik.

Atau maleslah bikin content, karena takut gak ada yang suka.

Atau udah capek-capek bikin content memang bisa dapet apa aja sih?

Atau gue kan gaptek, gak bisa bikin content apa pun!

Kalau dipikir-pikir lagi sih mungkin sekitar 10 tahun yang lalu, tak pernah telintas dalam benak kita bahwa memiliki blog dapat memberikan peluang dalam mendapatkan pundi rupiah. Sebagian besar para blogger mulai menulis di blog hanya mengandalkan cerita curhat, pasti! Termasuk gue. Siapa yang menyangka bahwa sekian tahun kemudian, seiring perkembangan teknologi ternyata begitu banyak kesempatan yang bisa diraih oleh para blogger.

Kenapa sih harus ciut duluan sebagai ibu rumah tangga? *lagi ngomong ama cermin*

Justru saat ini posisi para ibu rumah tangga di dunia maya merupakan ladang yang sangat gemerlap lho. Kita bisa membahas banyak hal yang dekat dengan kehidupan kita sehari-hari. Begitu banyak tema yang bisa kita bedah, mulai dari parenting, masak-memasak, bahas kosmetik, atau sekedar suka duka rumah tangga, walopun harus dijaga juga privacy-nya jangan sampai malah jadi ghibah-in suami lho yah hahaha.

Saat ini platformnya pun beragam, kita bisa memilih platform mana yang paling sesuai  dengan selera kita. Selain bisa bikin content di blog, kita bisa juga merambah ke instagram, twiter bahkan youtube. Berasa gaptek? Duh, tinggal browsing aja maka berbagai macam tutorial sudah tersedia lengkap di dunia maya, tinggal diniatkan tekad untuk belajar aja sih.

Terus gimana kalau udah capek-capek bikin content, ternyata gak ada yang suka?

Kalau menurut Alit-Shitlicous sih : buatlah content yang related, karena semakin related maka akan semakin banyak disukai orang.

Sedangkan menurut Raditya Dika : buatlah content yang diawali dari keresahan diri sendiri.

Apabila content yang kita buat itu jujur dan relate-able, pasti bakal banyak orang yang suka karena merasa relate kok. Kalem dan pede aja, yang penting bikin dulu.

Radit sering membuat content youtube dengan tema jomblo sedangkan Alit rajin membuat content youtube dengan tema motor *yang mana gue gak paham sama sekali, tapi tetap banyak yang nonton sih*

Malah konon katanya sih, semakin spesifik tema yang kita usung, maka penikmat akan merasa lebih relate dengan content yang kita buat. Tinggal bagaimana kita mengemasnya agar bisa lebih menarik aja sih.

Untuk gue sendiri, content yang selama ini gue bahas di media social adalah tentang drama korea. Alasannya sudah jelas, sebagai penggemar drama korea tingkat akut, sudah saatnya bagi gue untuk memanfaatkan peluang berinternet cepat dengan cara naik tingkat sebagai content creator.

Gue pun menyesuaikan content yang telah gue buat dengan platform tertentu. Misalnya untuk di twiter gue biasanya akan membuat berbagai analisis lebay tapi tetap kocak tentang adegan atau dialog tertentu di drama yang tengah gue tonton. Sedangkan di instagram, gue biasanya membuat meme lucu yang dilengkapi dengan caption yang isinya tentang review atau sinopsis dari drama tertentu.

Untuk content blog & vlog saat ini sih konsepnya adalah membedah drama korea sampai ke akar-akarnya ala Bibi Titi Teliti. Tapi saat ini sedang dalam proses untuk perubahan konsep sih. Gue berasa kurang seru karena konsep nge-blog dan nge-vlog gue rada mirip. Sehingga rencananya sih untuk vlog, akan gue ubah konsepnya menjadi sistem peringkat, biar lebih greget.

Misalnya saja tema vlog : 5 Karakter Tsundere Ter-baper di Kdrama ala Bibi Titi Teliti, 5 Kdrama Genre Medical yang Wajib Digarap versi Bibi Titi Teliti atau Ending Drama Korea Ter-Kampret versi Bibi Titi Teliti. Gimana? Asyik kan?

Rencananya sih gitu, tapi belum dikerjain bhahahaha.

Sampai saat ini sih berkat konsistensi gue sebagai content creator dengan tema drama korea, Alhamdulillah gue mendapat banyak peluang dan kesempatan. Gue telah mendapatkan tawaran untuk menulis artikel tentang drama Korea di koran, gue juga beberapa kali diundang untuk sharing tentang ngeblog & personal branding oleh komunitas & fanbase Kdrama, gue bahkan sempat nongol beberapa kali di TV lokal untuk membahas dan membedah tentang drama korea.

Jadi kapan dong kamu juga ikutan jadi content creator? Sudah saatnya kita memanfaatkan kemudahan berinternet cepat ini secara maksimal dengan cara menjadi content creator. Mari kita songsong masa depan digital yang lebih produktif bersama CBN!

Bagi teman-teman blogger yang tertarik dapat ikut berpartisipasi dalam Blog Competition yang diadakan oleh CBN dengan tema : The Breakthrough for Indonesian Digital Future. Hadiahnya seru sekali karena pemenang utama bisa meraih Notebook Lenovo sedangkan 2 pemenang favorite berhak mendapat voucher sebesar 1 juta rupiah dari JD.ID. Yuk pada ikutan!

Untuk informasi lebih lanjut bisa kepo-in terus media sosial CBN yah :

twiter : @di_cbn

Instagram : @di_cbn


TAGS CBN Digital Nation Internet Cepat Dens.TV Internet Service Provider CBN


-

Author

Follow Me